Minggu, 12 Juni 2011

Restoran Java Island

Restoran Java Island
      Restoran Java Island adalah restoran yang bernuansa jawa tradisional. Yaitu restoran makanan, tempat, pelayan, dan lain-lainnya bernuansa jawa tradisional. Saya memilih unsur jawa pada restoran ini karena saya berpikiran restoran jawa di indonesia hanya sedikit, akan tetapi sebenarnya banyak yang mencari makan tradisional khas jawa. Sehingga saya melihat banyak peluang dalam bisnis usaha tersebut dan menjadi keunikan tersendiri untuk sebuah restoran.


berikut visi dan misi  Restoran Java Island
Visi  Restoran Java Island :
” Mewujudkan Restoran java island sebagai restoran yang bernuansa tradisional jawa namun berwawasan internasional ”.
Misi  Restoran Java Island :
  • Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
  • Menanamkan unsur jawa sebagai jati diri restoran.
  • Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap pada koridor tradisional.
  • Menumbuhkan keterampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal.
  • Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi restoran terbaik di Indonesia.

CRM
CRM restaurant java island memberikan trik hub konsumen yaitu jika customer datang ke restoran untuk kesekian kalinya, dan dari data history restoran mengetahui bahwa beliau biasanya memesan soup buntut, maka restoran selalu dapat menawarkan menu ini sebagai upselling. Atau restoran bisa memberikan sebuah kartu ucapan selamat ulang tahun jika pada saat itu customer sedang ulang tahun.
Mengelola siklus hidup pelanggan yaitu dimana kita harus memberikan kesan yang positif terhadap customer dimulai dari makanan, pelayanan, tempat dan lain-lain. Sehingga kita dapat menanamkan citra yang baik terhadap restoran kita.


Segmentasi pasar
Segmen restoran java island kami membidik segmen khusus kepada kaum muda dan keluarga. Dengan menu makanan yang khas jawa sehingga penekan bauran pemasarannya harus mengena pada golongan tersebut. misalnya place yaitu dimana tempat yang ditempati restoran harus didaerah yang banyak dilewati kaum muda dan keluarga contohnya mal, perguruan tinggi dan lain-lain.

Positioning dan Difefrensiasi
Positioning dan Difefrensiasi, saya mengambilkan tindakan dalam menentukan Positioning dan Difefrensiasi di java Island. Untuk Positioning dan Difefrensiasi Resto Java Island yang pertama adalah kualitas produk (makanan). Karena produk dasar pada resoran ini adalah makanan, sehingga kualitas produk harus diprioritaskan yaitu kesehatan rasa dan lain-lain. Yang kedua pelayanan yang memuaskan konsumen yang meliputi kemudahan pemesanan, pengiriman yang cepat, dan pelayanan yang ramah tamah.
Dalam penentuan Positioning dan Difefrensiasi yang pertama dan kedua di atas adalah dasar dari sebuah restoran makanan. Untuk yang ketiga adalah khas dari resto java Island sendiri yaitu restoran yang bernuansa jawa, yang meliputi desain jawa pada setiap sisi restoran dan masakan yang khas jawa. Sehingga membuat konsumen merasakan sensasi yang berbeda didalam resto Java Island dengan nuansa jawa yang kental.

Strategy product
Restoran java island merupakan restoran yang berorientasi pada masakan jawa, sehingga saya menekan masakan khas jawa yang pasti di kenal oleh masyarakat. Untuk produk pertama yang saya kenalkan adalah olahan tempe.
            Tempe dimata masyarakat jawa sangatlah dikenal, bahkan diluar jawapun akan tahu makanan tempe. Sekilas info, bahwa tempe pertama kali diproduksi pada masa penjajahan, masa tanam paksa yang dilakukan pihak penjajah. Masyarakat yang dipaksa menanam, kemudian menanam kacang-kacangan termasuk kedelai di pekarangan rumah mereka.
            Ada sebuah pepatah mengatakan “esok dele sore tempe”. Sangat eratnya hubungan hubungan masyarakat jawa dengan tempe, tempepun hadir dalam pepatah Jawa. Kemudian bahan utama tempe sangatlah mudah didapatkan, dengan harga yang murah dan gizi yang melimpah.
Olahan bahan tempe sebagai berikut
1.      Tempe Penyet
Masakan ini bisa dikatakan paling sederhana. Tempe yang sudah diiris kemudian digoreng, tidak perlu dibumbui terlebih dahulu. Tempe penyet biasa juga dikenal dengan sebutan sambal tempe. Bumbu yang disiapkanpun sama ketika akan membuat sambal bawang. Terdiri dari cabai, bawang putih, kencur, dan garam. Setelah sambal bawang siap, masukan tempe goreng, lalu “penyetkan” hingga tercampur. Nasi putih hangat serta tawar cocok untuk mendampingi tempe penyet.


Untuk produk Tempe penyet sebagai berikut.
1.  Kompatibilitas (compatability), dari sisi ini tempe penyat sangatlah fgamiliar dimata konsumen. Sehingga kecocokan produk akan cepat pada diri konsumen.
2.  Kemampuan untuk diteliti (observability), untuk dampak yang dirasakan oleh konsumen terhadap tempe adalah gizi yang melimpah.
3.      Kesederhanaan (simplicity), untuk pengetahuan produk pastinya masyarakat akan tahu tempe sehingga mudah diterima oleh konsumen.
4.    Manfaat relative (relative advantage), untuk manfaat guna sebagai pembeda dengan pesaing kami menawarkan pelayanan yang baik dan menanamkan nuansa jawa di restoran. Sehingga konsumen akan merasakan perbedaan ketika makan di restoran java island.
5.     Simbolisme produk (product symbolism), makna dari produk tempe sangatlah terasa di konsumen. Yaitu terasa di kampong jawa sendiri, dengan cita rasa yang khas.
Kemudian dalam strategi produknya  juga melaksanakan Product Mix, difersifikasi layanan, dan juga atribut produk yang meliputi merek, kemasan, pemberian label, layanan pelengkapan, dan jaminan

Promosi
1.      Surat kabar
Dalam melakukan promosi melalui surat kabar restoran java island membuat semenarik mungkin agar calon pembeli tertarik pada iklan yang akan dibuat. Karena surat kabar akan meluaskan pangsa pasar restoran java island di kota-kota besar. Sehingga, meskipun restoran masih mempunyai satu cabang akan dikenal dan calon konsumen tidak asing pada restoran java island. Surat kabar yang kami pilih adalah Kompas, Jawa Pos dan lain-lain.
2.      Majalah
Majalah hampir sama pada surat kabar, yaitu promosi yang bisa meluaskan ke kota-kota besar. Akan tatapi disini lebih detail, sehingga harus lebih ditonjolkan apa yang diistimewa pada restoran java island. Agar bisa mengangkat citra restoran dimata konsumen. Misalnya menampilkan menu-menu favorit, tempat, dan keungglan lainnya. Majalah yang akan kami pilih dalam meletakan iklan yaitu majalah yang berkaitan dengan keluarga, bisnis, dan lain-lainnya.
3.      Radio
Radio jika dikaitkan pada periklanan restoran kurang begitu mengena karena radio hanya memberikan suara pada calon konsumen. Akan tetapi radio masih punya andil dalam mempromosikan iklan restoran. Karena meskipun iklan yang ditampilkan tidak begitu jelas, tetapi radio bisa memudahkan ingatan calon konsumen agar bisa mengetahui nama restoran java island. Sehingga jika diiklankan di radio hanya untuk promosi pengenalan suatu produk saja.
4.      Televise
Dalam televise bisa kita promosikan pada suatu acara televisi tertentu. Agar calon konsumen bisa mengetahui bahwa tempat yang ada televise adalah restoran java island. Misalnya, nonton bareng, talk show, dan lain-lain.
5.      Papan reklame
Dalam penepatan papan reklame periklanan retoran java island bisa ditampilkan di depan muka retoran, ditempat perjalanan, dan lain-lain.
6.      Surat langsung
Dalam mempromosikan mengunakan surat langsung bisa kita tujukan pada keluarga, mahasiswa, dan para pekerja kantoran. Yaitu di tempat perumahan-perumahan, area kampus, dan tempat perkantoran.

5 DIMENSI KUALITAS JASA
1.      Berwujud
Hal-hal yang bersifat fisik dalam suatu perusahaan. Meliputi gendung, peralatan, perlengkapan, dan lain yang digunakan oleh restoran java island.
2.      Keandalan
Didalam masalah keandalan restoran java island akan lebih menonjolkan pelayanan yang baik dan cepat sehingga konsumen puas pada kerja pelayanan yang kami berikan.
3.      Ketanggapan
Disni ketanggapan suatu pelayanan harus cepat. Jika ada konsumen harus langsung tanggap menemuinya dan memberikan info menu pada konsumen agar konsumen tidak menunggu.
4.      Jaminan dan kepastian
Java island juga memberikan jaminan pada pelayanan. Sehingga pelayan harus pandai berkomunikasi pada konsumen, sopan santun, dan meberika rasa aman pada konsumen.
5.      Empati
Pada empati java island sangat memperhatikan para pelanggannya, yaitu dengan menghafalkan menu yang biasa dipesan pelanggan, ketika ulang tahun kita memberikan ucapan selamat dan lain-lain.


Mohon saran dan kritiknya teman....
karena saran dan kritik anda bisa membantu dan menambah perbaikan pada karya tulis blog ini..

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.